Sabtu, 30 April 2011

Kesukaran dalam Pendidikan

1. Pendahuluan
Pekerjaan mendidik bukanlah pekerjaan yang mudah. hasil pekerjaan itu tidak dapat sama sekali kita tentukan lebih dahulu seperti halnya dengan orang yang mencetak kue atau membuat benda-benda-benda lain. hasil dari pekerjaan mendidik tidak hanya ditentukan oleh kehendak si Pendidik sendiri, tetapi juga ditentukan oleh banyak faktor lain. di dalam pendidikan, faktor-faktor lingkungan (milieu) dapat mempengaruhi dan bahkan turut pula mempengaruhi pertumbuhan anak didik : demikian pula anak itu sendiri tidak dapat diabaikan.
adapaun beberapa kesukaran yang dimaksud yang aakan dibahas secara singkat di sini adalah:
2. Keras Kepala dan keras hati
keras hati dan keras kepala adalah sifat-sifat anak yang sering sangat menyulitkan para orang tua atau pendidik-pendidik lain. kedua sifat itu ada persamaannya, tetapi ada pula perbedaannya.
Aanak keras hati berbuat menurut nafsu dan kemauannya sendiri, bertentangan dengan tindakan orang lain. ia mengemukakan kemauannya terhadap kemauan si pendidik. Ia berpegang teguh pada tujuannya sendiri, dan tidak hendak melepaskannya untuk tujuan lain.
Anak Keras Kepala tidak mau juga mengerjakan apa yang dusruhkan kepadanya, tetapi ia tidak memeiliki alasan yang bertujuan. yang ada hanyalah sifat yang fasif, yaitu menolak kemauan orang lain.
Dengan singkat, dapatlah kita katakan sebagai berikut. Keras hati ialah bantahan terhadap suruhan orang lain karena ia ada tujuan dan maksud sendiri yang berlainan dengan apa yang disuruhkan kepadanya. sedangkan keras kepala ialah bantahan terhadap suruhan orang lain, tetapi ia tidak ada alasan lain yang bertujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar